Kamis, 09 April 2015

Passion Menulis untuk Lomba


Mengikuti lomba menulis adalah sebuah pilihan. Lomba diikuti bisa karena temanya menarik atau karena hadiahnya menggiurkan.Begitu ada info lomba yang dirasa sangat cocok untuk diikuti, seseorang akan 'menggenggam' erat info lomba menulis tersebut dan berharap bisa mengikutinya sebelum masa deadline tiba.
 
Dalam sebuah lomba menulis tertentu, hadiahnya bisa saja mencapai jutaan rupiah. Bisa dibayangkan menariknya, bukan? Hadiah besar semacam itu menjadi salah satu motivasi besar seseorang untuk mengikuti lomba menulis.Selain sebagai sarana
menyalurkan hobi dan ajang mengasah keterampilan menulis, bisa jadi lomba menulis merupakan salah satu side income yang lumayan menjanjikan. Tentu saja berdasarkan kriteria-kriteria tertentu.

Hanya saja, sebelum mengikuti lomba menulis, seseorang perlu mengukur kemampuan dan kemauan diri. Menulis tidak bisa dipaksakan, kecuali untuk hal-hal mendesak seperti membuat proyek tugas, skripsi, makalah, dan tulisan akademis yang lain. Menulis pun membutuhkan passion, di mana hasratnya bisa berlabuh dan idenya bisa mengalir sederas mungkin. Seseorang yang passionnya ada di sastra, bisa jadi akan agak kesulitan mengaplikasikan kemahiran menulisnya di ranah yang lain, akuntansi misalnya. Begitupun sebaliknya. Meskipun ada beberapa orang yang bisa menulis generalis dengan cukup baik. 

Lakukan dengan hati, itulah yang terbaik. Tidak perlu 'serakah' ingin mengikuti beragam lomba menulis tetapi tidak mengukur kemampuan dan kemauan diri.

1 komentar:
Write komentar

Apa Komentarmu tentang Posting di Atas?

Recommended Posts × +