Selasa, 17 Maret 2015

Tips Memenangkan Lomba Menulis #1

Sebuah lomba penulisan, baik itu yang diadakan oleh panitia-panitia besar seperti Republika, Rohto, Femina, DKJ, maupun yang diadakan oleh perorangan selalu saja diminati para penulis.  Ada berbagai macam motivasi untuk mengikuti lomba. Tapi kita tidak akan membahas itu.
Dari pengalaman lolos menjadi kontributor beberapa lomba dan pernah jadi juara utama di sebuah lomba penulisan (ehem), mari aku bagi-bagi tips.  Semoga berguna^^

1. KESESUAIAN TEMA
Kalaupun hasil tulisan kamu sekaliber John Grisham atau J.K Rowling, kalau temanya tidak matching, pasti bakalan terkena diskualifikasi. Cara untuk menyesuaikan tema adalah dengan membaca peraturan lomba sebaik-baiknya. Cermati. Kalau tema itu bukan keahlian kamu tapi kamu nekad ingin ikut, riset dulu. 

Akhir-akhir ini banyak sekali lomba yang bertema pengalaman pribadi atau pengalaman orang-orang sekitar. Ini nonfiksi atau fiksi gali lagi memori di otak kamu atau wawancarai orang-orang di sekitar. Kalau tema terlalu jauh dari jangakauan, lebih baik usah ikut karena selain wasting time, kemungkinan besar kamu akan mempermalukan diri kamu sendiri.

Yuk lanjut ke tips #2

Tidak ada komentar:
Write komentar

Apa Komentarmu tentang Posting di Atas?

Recommended Posts × +